Futures Contract

Kontrak Berjangka

Apa yang dimaksud dengan kontrak berjangka (futures contract)?

Kontrak berjangka adalah kontrak untuk pembelian atau penjualan instrumen utama dengan eksekusi yang ditangguhkan. Instrumen utama atau yang mendasarinya bisa berupa apa saja: saham, komoditas, mata uang.

Harga futures bervariasi tergantung pada situasi pasar. Pembeli dan penjual kontrak berjangka memikul kewajiban untuk memenuhi kontrak pada tanggal yang disepakati. Nilai aset itu sendiri dapat berubah pada saat itu, tetapi tidak dapat memengaruhi persyaratan kesepakatan.

Bagaimana cara kerja kontrak berjangka?

Ketika seorang trader masuk ke dalam kontrak berjangka, mereka menentukan nilai aset yang diperdagangkan di bursa dan tanggal kedaluwarsa di mana kontrak akan dieksekusi. Jika pada saat berakhirnya kontrak harga aset yang dibeli lebih tinggi dari yang ditentukan trader saat membuat kontrak, maka mereka akan menerima keuntungan.

Karena futures itu derivatif, trader tidak hanya dapat membeli aset, tetapi mereka juga menjualnya. Pada akhirnya, trader akan mendapat untung jika harga jual lebih tinggi dari harga aset pada saat berakhirnya kontrak berjangka.

Futures adalah kontrak antara dua pihak, tetapi dengan partisipasi pertukaran. Pertukaran tersebut bertindak sebagai penyelenggara trade, menetapkan persyaratan untuk kontrak dan berkewajiban untuk mematuhi spesifikasi.

Jenis-jenis kontrak berjangka

  • Futures dalam keuangan adalah kontrak yang terkait dengan pembelian dan penjualan sekuritas atau indeks. Contoh instrumen keuangan yang kontrak berjangka keuangannya dapat disimpulkan adalah indeks S&P 500 dan NASDAQ, obligasi treasury jangka panjang dan pendek, serta sekuritas. Untuk menggunakan futures keuangan dalam trading, Anda harus terlebih dahulu memahami cara trading saham.
  • Mata uang berjangka adalah kontrak di mana mata uang dibeli atau dijual pada nilai tetap tertentu dengan penyerahan setelah jangka waktu tertentu.
  • Energi berjangka atau futures energi adalah kontrak untuk mendapatkan pendapatan saat membeli dan menjual bahan bakar dan produk energi seperti minyak mentah dan gas.
  • Logam berjangka adalah kontrak yang memberi trader akses ke pasar untuk logam mulia seperti emas, perak, platinum, dan paladium.
  • Futures grain adalah kontrak antara pembeli dan penjual untuk pembelian atau penjualan biji-bijian seperti jagung, oat, kedelai, dan gandum. Kontrak berjangka grain diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange (CME).
  • Ternak (livestock) berjangka juga diperdagangkan di CME dan termasuk sapi, babi, ayam broiler, kalkun, dll.
  • Makanan & serat berjangka juga diperdagangkan di CME dan termasuk kakao, kopi, kapas, jus jeruk, gula, dll.

Kelebihan dan kekurangan dari trading kontrak berjangka

Kelebihan kontrak berjangka

  • Para investor dapat menggunakan kontrak berjangka untuk berspekulasi tentang arah harga aset dasar.
  • Perusahaan dapat melakukan lindung nilai (hedge) atas harga mata uang yang mereka jual untuk melindungi diri dari fluktuasi harga yang merugikan.
  • Penghematan dari pembayaran di muka. Kontrak berjangka mungkin hanya memerlukan sebagian dari jumlah kontrak yang harus dibayar.
  • Trading kontrak berjangka memberikan kesempatan untuk meningkatkan leverage untuk instrumen tertentu, seperti cryptocurrency.

Kekurangan dari kontrak berjangka

  • Kontrak berjangka adalah instrumen yang sangat berisiko tinggi karena biasanya hanya diperdagangkan dengan leverage di atas 100, dan terlebih lagi, ada kemungkinan harga berjangka berubah negatif.
  • Ada kemungkinan kehilangan keuntungan dari harga yang menguntungkan. Ada terlalu banyak faktor yang memengaruhi harga futures: dari keadaan ekonomi asing dan domestik hingga situasi di masing-masing perusahaan yang menerbitkan sekuritas dan bahkan cuaca.
  • Ada kemungkinan mengalami kerugian besar. Pertama, karena kontrak memiliki rentang hidup yang terbatas, dan kedua, karena variasi penghapusan margin: Anda harus mendanai akun Anda atau menutup posisi Anda. Itulah mengapa Anda harus selalu menentukan sendiri dengan jelas jumlah uang untuk trading, yang siap Anda belanjakan.

Bagaimana kontrak berjangka diperdagangkan?

Futures dapat diperdagangkan oleh pelaku pasar profesional dan investor swasta dengan menghubungi broker. Ada beberapa strategi trading berjangka; mereka bergantung pada tujuan yang dikejar oleh trader.

  • Risiko Hedging. Futures dapat membantu memastikan pemilik aset terhadap perubahan harga yang merugikan karena mereka menetapkan harga dan tidak memerlukan pembayaran segera dari jumlah transaksi penuh. Selain itu, lindung nilai digunakan tidak hanya dengan sekuritas, tetapi juga dengan aset nyata, seperti pasokan bahan baku, atau pasangan mata uang.
  • Strategi trading berjangka ini melibatkan pembuatan trade multi arah di masa depan sedemikian rupa sehingga keuntungan diperoleh dari selisih harga beli dan jual. Arbitrase dapat terjadi pada waktu yang berbeda atau pada platform yang berbeda.

Dalam semua kasus, trader dapat membuka posisi beli (long) atau jual (short).

  • Posisi beli difokuskan pada prospek pertumbuhan nilai aset berjangka dan, yang lebih penting, futures itu sendiri. Trader membeli futures untuk penyerahan aset dan, ketika nilai futures naik, mereka dapat menjualnya tanpa menunggu akhir kontrak.
  • Posisi jual melibatkan spekulasi sebaliknya. Pada saat prakiraan yang tidak menguntungkan, trader menjual futuresnya dan menunggu nilainya turun lebih rendah lagi, lalu dia membelinya kembali dengan harga yang lebih rendah, sehingga mendapat keuntungan dari perbedaan antara menjual dan membeli.

Untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi trader pada kontrak berjangka dan kontrak forward, ada baiknya Anda membiasakan diri dengan rollover dan swap.

Bursa berjangka dunia berlokasi di Chicago (Chicago Mercantile Exchange, Chicago Board Of Trade), New York (New York Mercantile Exchange), London (London International Financial Futures and Options Exchange, LME). Bursa berjangka utama lainnya adalah Eurex, French International Financial Futures Exchange (MATIF), Singapore Exchange (SGX) dan Australian Stock Exchange (ASX). 

Bursa berjangka asing dapat diakses dengan bantuan broker.

Kontrak futures vs kontrak forward

Forward adalah kontrak yang ditangguhkan dengan kewajiban yang ditetapkan. Ada beberapa perbedaan mendasar antara futures dan forward:

  • Forward selalu dikaitkan untuk aset nyata: bahan mentah, mata uang, sekuritas. Futures dapat disimpulkan untuk indeks atau suku bunga.
  • Forward tidak hanya menentukan persyaratan penyerahan (delivery) dan nilai kontrak, tetapi juga kondisi-kondisi lain, termasuk aset itu sendiri. Artinya, futures lebih standard.
  • Forward adalah transaksi 'di atas gerai', sedangkan kontrak berjangka hanya dapat dilakukan di bursa saham.
  • Forward tidak ditanggungkan terhadap kegagalan penyerahan, sedangkan futures diatur oleh lembaga kliring bursa.

Contoh dari kontrak berjangka

Kontrak dibagi menjadi dua jenis tergantung pada sifat pemenuhan kewajiban.

  • Sebuah penyerahan berjangka menyiratkan bahwa kontrak didasarkan pada aset yang harus dikirim dan dibayar pada akhir kontrak. Artinya, jika futures berarti penyerahan 1.000 barel minyak pada tanggal tertentu, kontrak jenis ini disebut kontrak berjangka yang dapat diserahkan.
  • Futures yang diselesaikan dengan uang tunai dapat disimpulkan untuk aset apa pun, termasuk indeks, suku bunga, dan hal lain yang tidak dapat dikirim atau disentuh. Dalam kasus seperti itu, ada perhitungan ulang keuntungan dan kerugian pada akhir kontrak. Sifat tidak berwujud dari futures memungkinkan mereka untuk digunakan untuk menjamin risiko di pasar saham.

Kesimpulan

Futures memberi trader alat canggih untuk trading di pasar yang berbeda. Alat-alat ini berguna untuk manajemen risiko. Namun, bagi pemula yang tidak memahami struktur pasar, futures bisa tampak rumit. Jika Anda ingin belajar cara trading dari awal, lebih baik memulai dengan instrumen yang sederhana dan mudah dipahami, dan beralih ke derivatif hanya ketika Anda menunjukkan hasil trading yang positif. Kemungkinan untuk meningkatkan pendapatan Anda melalui penggunaan leverage dapat menjadi hal yang menarik dan juga hal yang berbahaya bagi trader yang tidak berpengalaman.

Kembali

Diperbarui • 2022-08-25

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara menemukan dan trading growth stock?

    Periksa kinerja saham beberapa tahun terakhir. Jangan terganggu oleh fluktuasi – mereka semua mudah berubah. Lihat trennya. Jika saham telah mengikuti tren naik selama 24 bulan terakhir, artinya saham tersebut adalah kandidat yang bagus. Anda dapat menemukan informasi rinci tentang ini di artikel «Bagaimana cara menemukan growth stock?

  • Bagaimana cara menggunakan kalender pendapatan untuk trading saham?

    Kalender pendapatan saham FBS akan membantu Anda memprediksi pergerakan harga selama musim pendapatan. Jadi, Anda dapat memanfaatkan volatilitas pasar saham ini.

    Sangat sulit untuk mengikuti setiap laporan pendapatan perusahaan, jadi sebaiknya pilih beberapa perusahaan yang Anda tradingkan. Anda dapat memfilter berdasarkan tanggal, simbol, dan negara. Setelah Anda memilih perusahaan, buka Kalender Ekonomi dan bandingkan data aktual dengan prakiraan:

    • jika pendapatan perusahaan “lebih baik” dari prakiraan, sahamnya akan naik;
    • jika pendapatan perusahaan “lebih buruk” dari prakiraan, sahamnya akan turun.

    Namun, Anda tetap dapat profit di kedua skenario dengan membeli (buy) atau menjual (sell).

  • Bagaimana cara trading saham untuk pemula?

    Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari trading saham meskipun Anda seorang pemula. Analis FBS secara teratur menerbitkan peringkat saham berkinerja terbaik untuk bulan sebelumnya dan daftar saham terbaik untuk bulan saat ini. Selain itu, Anda dapat mengawasi kalender acara pasar saham untuk menemukan saham yang menguntungkan. Jadi, nantikan info terbaru dan ambil kesempatan untuk mendapatkan profit.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Rasakan Semangat Tim

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Buku Forex Pemula

Beginner Forex Book akan memandu Anda mengarungi dunia trading.

Buku Forex Pemula

Hal yang sangat penting untuk memulai trading
Masukkan e-mail Anda, dan kami akan mengirimkan buku panduan Forex gratis

Terima kasih!

Kami telah mengirim email tautan khusus ke e-mail Anda.
Klik link untuk mengkonfirmasi alamat Anda dan dapatkan panduan Forex untuk pemula secara gratis.

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera