1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis?
Diperbarui • 2023-07-13

Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis?

TRFNEW-1230 Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis_642x361-1.png

Sejak membuka akun trading, setiap trader memiliki satu pertanyaan di benaknya: kemana harga saham akan bergerak? Apakah akan naik, turun, atau tetap di tempatnya? Jawaban atas pertanyaan ini diberikan oleh analisis pasar. Ada dua jenis analisis: fundamental dan teknikal. Artikel ini akan mempertimbangkan analisis teknis secara rinci dan mengeksplorasi bagaimana menerapkannya pada perdagangan saham.

Apa itu analisis teknis?

Analisis teknis mempelajari sejarah harga pasar untuk memprediksi masa depan menggunakan berbagai alat. Analisis teknis mempelajari sejarah harga pasar untuk memprediksi masa depan menggunakan berbagai alat. Mereka mengevaluasi bukan saham dan emiten tetapi pergerakan harga.

Analisis fundamental vs. teknikal: analisis fundamental memprediksi perilaku harga berdasarkan peristiwa ekonomi, sedangkan analisis teknis berfokus pada perilaku harga masa lalu.

Mari kita bicara tentang aturan dasar yang diikuti oleh para pendukung analisis teknis.

1. Aksi pasar mendiskon segalanya.

Analis teknis percaya bahwa semua faktor yang mempengaruhi harga sudah diperhitungkan dalam penawaran dan permintaan. Oleh karena itu, mereka tidak peduli apa yang menyebabkan harga naik atau turun; hanya perubahan harga itu sendiri yang penting.

2. Harga bergerak dalam tren.

Harga tidak bergerak semrawut tetapi mengikuti spesifik. Ini berarti bahwa tren dapat diidentifikasi, dijelaskan, dan dengan demikian digunakan dalam trading untuk menghasilkan sebuah profit. Trader perlu mengenali tren dan bergabung tepat waktu.

3. Sejarah cenderung berulang.

Orang cenderung berperilaku serupa dalam situasi tertentu, sehingga sejarah berulang. Aturan yang berlaku di masa lalu dapat berlaku di masa sekarang dan masa depan.

Mengapa analisis teknis bisa berhasil?

Alat analisis teknis mengukur pergerakan harga menggunakan rumus matematika sehingga Anda dapat yakin dengan objektivitasnya. Selain itu, analisis teknis mempertimbangkan psikologi dan emosi pelaku pasar.

Juga, analisis teknis mendisiplinkan trader: mereka membeli atau menjual hanya setelah diberikan pertanda. Pertanda muncul berdasarkan analisis penawaran dan permintaan di mana harga bergantung.

Jika Anda tidak yakin dengan keterampilan trading saham Anda, cari informasi tentang analisis teknis untuk pemula.

Bagaimana melakukan analisis teknis?

Berdasarkan prinsip utama yang membentuk analisis teknikal, ada beberapa cara agar berhasil dengannya. Alur data transaksi bursa dapat direpresentasikan dalam bentuk grafik harga. Itu adalah garis waktu yang berubah-ubah, setiap titik yang mencerminkan informasi tentang harga dan waktu setiap transaksi.

Berikut adalah beberapa metode analisis teknikal.

Analisis klasik

Inti dari metode ini adalah menggambar garis pada grafik harga, yang membentuk tren dan menunjukkan arah perubahan harga serta tingkat harga, yang menunjukkan area keterlibatan maksimum trader dan angka. Mereka mencirikan opsi yang memungkinkan untuk kelanjutan, ketidakpastian, atau pembalikan tren yang ada.

TRFNEW-1230 Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis_642x361-2.png

Analisis indikator

Metode analisis teknis ini mencakup fungsi matematika, yang dibagi menjadi indikator tren dan osilator kontra-tren.

Indikator tren mencakup berbagai model yang menunjukkan arah tren utama yang dilancarkan dari kekacauan fluktuasi harga. Osilator mencakup metode matematika untuk menentukan harga yang terlalu tinggi (overbought) dan terlalu rendah (oversold) relatif terhadap rentang pergerakan sebelumnya.

TRFNEW-1230 Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis_642x361-3.png

Analisis volume

Analisis teknis situasi pasar keuangan saat ini didasarkan pada volume (jumlah posisi terbuka) selama periode tertentu. Analis telah lama memperhatikan korelasi: perubahan harga terjadi selama periode volume tinggi. Semakin tinggi volume dalam jangka waktu tertentu, semakin besar kemungkinan pergerakan harganya benar, dan tren-nya kemungkinan akan berlanjut ke arah yang sama. Volume juga berosilasi, jadi biasanya ada kenaikan volume setelah periode tenang.

TRFNEW-1230 Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis_642x361-4.png

Analisis kandil

Jenis analisis teknis ini menggunakan pola kandil tunggal atau ganda untuk menganalisis apa yang terjadi di pasar keuangan. Grafik kandil digabungkan dengan alat analisis teknis lainnya dan bekerja pada semua kerangka waktu dan instrumen keuangan.

Ada model pembalikan dari tren saat ini dan model kelanjutan. Model dapat terdiri dari satu atau lebih kandil. Tidak hanya warna yang penting, tetapi juga rasio tubuh kandil dan bayangannya serta tempat kandil berada pada grafik.

TRFNEW-1230 Mengapa Trader Membutuhkan Analisis Teknis_642x361-5.png

Contoh analisis teknis

Sebagai contoh, kami menyarankan Anda untuk melihat cara kerja osilator Indeks Saluran Komoditas. Jika Anda memilihnya di platform, atur periode di 14. Ketika garis CCI bergerak di atas level 100 atas, Anda dapat mengatakan bahwa harga sudah overbought. Ketika mencapai di bawah -100, itu akan menandakan oversold.

Tujuan Anda dengan strategi analisis teknikal ini adalah untuk menemukan pola pembalikan kandil pada grafik saat CCI berada di atas 100 atau di bawah -100, menyiratkan bahwa harga akan bergerak kembali ke level netral.

Sebagai aturan, beberapa jenis pola pembalikan terbentuk pada grafik saat ini. Paling sering, kita dapat mengamati Bullish Engulfing setelah kondisi oversold dan pola Bearish Engulfing saat pasar overbought.

Jadi, jika pola pembalikan terbentuk bersamaan dengan kembalinya level ke posisi netral, itu adalah sinyal untuk membuka perdagangan.

Bagaimana menggunakan analisis teknis

Aplikasi TA yang paling efektif di pasar saham adalah menentukan titik masuk dan titik keluar. Anda mungkin membuat kesalahan saat melakukan analisis teknis. Belajarlah dari kesalahan Anda, dan Anda akan lebih sabar menunggu sinyal di masa depan.

Para trader menggunakan analisis teknis pada semua kerangka waktu, dari menit ke bulan dan lebih lama. Selain itu, semakin besar jangka waktu, semakin sedikit kekacauan yang ada dan semakin baik analisis teknis bekerja.

Analis percaya bahwa profit dapat dibuat di pasar mana pun jika tren terdeteksi dengan benar, posisi dibuka ke arah tren, dan kemudian posisi ditutup. Misalnya, jika harga jatuh ke level support, Anda harus mengambil kesempatan untuk membuka posisi beli. Dan jika harga naik ke level resistance dan berbalik untuk membuka posisi jual.

Trading dengan analisis teknis

Setiap metode analisis teknis didasarkan pada postulat dasar dan mencoba menentukan keseimbangan antara pembeli dan penjual dalam trading. Keseimbangan ini pada akhirnya menunjukkan apakah harga akan naik, turun atau tetap di tempatnya.

Setiap metode analisis teknikal memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing dalam trading di pasar saham. Itulah sebabnya cara yang tepat untuk pemula adalah mempelajari semua nuansa dan menggabungkan metode utama analisis teknis dalam proporsi yang benar.

Baca lebih lanjut

  • 2340

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera