Cara Menggunakan Fibonacci Retracement

Apa yang dimaksud dengan level Fibonacci retracement?

Trading dengan mengandalkan intuisi saja tidak cukup. Untuk mencapai kesuksesan, trader harus dapat menggunakan berbagai teknik dan alat untuk memprediksi pergerakan harga aset. Salah satu alat tersebut adalah level Fibonacci retracement. Level Fibonacci retracement adalah garis horizontal pada grafik harga yang menunjukkan potensi level support dan resistance dalam pergerakan harga. Ini membantu para trader melihat pada titik mana harga dapat kembali ke level sebelumnya sebelum melanjutkan tren.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang Fibonacci retracement, cara menghitung dan menerapkannya dalam kegiatan trading Anda, alat lain apa yang kompatibel dengan Fibonacci retracement dan batasan apa yang mungkin Anda temui saat menggunakan alat ini.

Rumus untuk level Fibonacci retracement

Alat Fibonacci retracement didasarkan pada matematika. Untuk mengidentifikasi level Fibonacci retracement, Anda perlu menerapkan rumus berikut:

UR = H - ((H - L) x persentase) – untuk pergerakan tren naik; atau

DR = L + ((H - L) x persentase) – untuk pergerakan tren turun,

di mana

  • UR adalah retracement tren naik;
  • DR adalah retracement tren turun;
  • H adalah harga tinggi;
  • L adalah harga rendah.

Meskipun sebagian besar platform trading dapat membuat perhitungan ini secara otomatis, namun tetap baik untuk memahami bagaimana Anda dapat melakukannya sendiri.

Bagaimana cara menghitung level Fibonacci retracement

Sekarang, setelah Anda mengetahui rumus untuk level Fibonacci retracement, Anda dapat mempelajari cara menghitungnya.

Pertama, Anda perlu melihat grafik harga dan memilih dua titik harga – satu titik harga tinggi dan satu titik harga rendah. Sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada titik tertinggi yang lebih tinggi atau posisi terendah yang lebih rendah. Jika Anda salah mengidentifikasinya, perhitungan Anda akan salah dan Anda akan kehilangan level retracement yang tepat. Kemudian, setelah Anda menemukan harga tertinggi dan terendah, Anda dapat menggunakan dua angka ini dalam rumus dan menghitung level retracement untuk sektor pergerakan harga tertentu.

Apa itu rasio Fibonacci?

Akan tetapi, mengetahui hanya titik tertinggi dan terendah saja tidak cukup. Anda juga perlu tahu berapa persentase yang akan digunakan dalam rumus. Saat menghitung level Fibonacci retracement, trader menggunakan apa yang disebut rasio Fibonacci.

Rasio Fibonacci adalah persentase dari kisaran harga yang dipilih yang menentukan level support dan resistance dari pergerakan harga. Rasio Fibonacci diturunkan dari bilangan Fibonacci – urutan angka di mana setiap angka adalah jumlah dari dua angka sebelumnya. Jika Anda membagi angka Fibonacci dengan angka berikutnya, hasilnya akan menjadi 0,618 (61,8%). Jika Anda membagi angka yang sama dengan angka kedua di sebelah kanannya, Anda akan mendapatkan 0,382 (38,2%), dan kemudian 0,236 (23,6%). Ternyata rasio ini beserta 50% mewakili level support dan resistance dalam pergerakan harga, sehingga digunakan untuk mengidentifikasi level Fibonacci retracement.

Sebagai contoh, katakanlah harga aset naik dari $15 menjadi $18,43. Dalam hal ini, rumus untuk menemukan level Fibonacci retracement akan terlihat seperti ini:

$18,43 - (($18,43 - $15) x persentase)

Hasilnya, kita akan mendapatkan level retracement berikut: $17,62 (pada 23,6%), $17,12 (pada 38,2%), $16,71 (pada 50%) dan $16,31 (pada 61,8%).

Bagaimana Anda menerapkan level Fibonacci retracement dalam grafik?

Level Fibonacci retracement dapat digunakan dalam grafik sebagai cara untuk menemukan saat yang paling tepat untuk memasuki trade. Cara paling umum untuk menerapkan alat ini adalah untuk melihat apakah harga menelusuri kembali salah satu level Fibonacci setelah mengikuti trade yang stabil. Sebagai contoh, jika Anda melihat bahwa setelah kenaikan yang signifikan, harga aset turun 23,6% dan kemudian naik kembali, mungkin ini saat yang tepat untuk memasuki trade.

Bagaimana cara menggambar Fibonacci retracement?

Terlepas dari sifatnya yang tidak dapat dijelaskan, level Fibonacci retracement dianggap sebagai alat yang andal untuk prediksi pergerakan harga, terutama ketika digabungkan dengan metode analisis teknis lainnya. Namun, menggambar garis retracement Fibonacci mungkin tampak cukup menantang bagi beberapa trader karena garis yang ditarik dengan buruk dapat menyebabkan kesimpulan yang salah dan mengacaukan seluruh trade Anda. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara menggambar Fibonacci retracement dengan benar.

Untungnya, sebagian besar platform trading memiliki alat Fibonacci di dalamnya, jadi Anda sebenarnya tidak perlu menggambar garis dan levelnya secara manual. Yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa dengan cermat pergerakan harga terbaru dan memilih titik swing high dan swing low. Kemudian Anda perlu menggeser kursor Anda dari titik rendah ke titik tinggi (untuk tren naik) atau dari titik tinggi ke titik rendah (untuk tren turun) untuk menggambar garis dasar. Setelah ini, perangkat lunak akan secara otomatis menempatkan level Fibonacci, memungkinkan Anda untuk melihat level support atau resistance potensial pada grafik Anda dan membangun strategi trading Anda sesuai dengannya.

1.png

Cara trading menggunakan Fibonacci retracement

Ada beberapa cara untuk memasukkan level Fibonacci retracement dalam strategi trading Anda.

Harga aset tidak bergerak dalam garis lurus. Mungkin ada beberapa retracement dalam sebuah tren, setelah itu harga akan kembali ke jalurnya. Dalam hal ini, level retracement Fibonacci dapat menunjukkan kepada Anda kapan harga kemungkinan akan menemui support dan resistance dan terus bergerak dengan tren. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menemukan waktu yang paling tepat untuk memasuki trade dan bahkan mengatur titik masuk otomatis pada tingkat retracement.

Tidak akan menjadi masalah jika Anda trading dengan atau melawan tren; gunakan Fibonacci retracement untuk menemukan tempat di mana aset dapat memantul atau berbalik arah. Selain itu, garis-garis ini sangat membantu dalam menempatkan Stop Loss dan Take Profit.

Umumnya, trader lebih suka berada di sisi yang aman dan memasuki trade saat harga telah memantul dari salah satu level Fibonacci. Tetapi beberapa trader memilih gaya trading yang agresif dan tidak menunggu harga memantul sebelum memasuki trade. Dalam hal ini, level Fibonacci retracement juga dapat digunakan untuk menempatkan order Stop Loss sebagai ukuran keamanan.

Menempatkan Stop Loss dan Take Profit

Biasanya, trader menempatkan order Stop Loss tepat di bawah level Fibonacci berikutnya setelah mereka membeli aset atau di atas level berikutnya setelah mereka menjualnya. Dengan cara ini, jika tren berbalik, kerugian Anda diminimalkan.

Order Take profit sedikit berbeda karena beberapa trader lebih memilih untuk menutup sebagian trade pada garis resistance terdekat dan memindahkan Stop Loss ke titik impas. Saat trading dengan Fibonacci retracement, pertimbangkan untuk membagi order Anda menjadi 2-4 bagian yang sama dan tutup satu bagian setiap kali harga menyentuh salah satu level Fibonacci. Anda dapat menutup bagian terakhir pada level 0,0 untuk membukukan keuntungan Anda sepenuhnya.

Penggunaan Fibonacci retracement dengan alat-alat lainnya

Karena Fibonacci retracement digunakan untuk mengidentifikasi potensi level support dan resistance, lebih baik menggunakan alat dan metode lain sebelum memutuskan langkah Anda selanjutnya. Berikut adalah alat lain yang dapat digunakan dengan Fibonacci retracement:

  • Garis tren. Jika Anda menggambar garis tren di sepanjang lintasan pergerakan harga dan menggunakan Fibonacci retracement pada saat yang sama, Anda akan melihat garis tren melintasi level retracement. Tempat-tempat di mana hal itu terjadi dianggap sebagai titik yang paling menguntungkan untuk memasuki trade.

2.png

  • Moving average. Moving average berguna untuk mengidentifikasi potensi area support dan resistance. Moving Average 200 periode khususnya sering digunakan bersama dengan Fibonacci retracement karena jika bertepatan dengan level retracement 50%, kemungkinan besar akan ada pullback pada level ini. Titik ini adalah tempat yang bagus untuk memasuki pasar atau mengambil keuntungan.

3.png

  • Pola candlestick. Mencari pola candlestick pembalikan di dekat level retracement adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa support atau resistance kemungkinan akan terjadi. Jadi, memahami tentang candlestick dapat membantu Anda lebih memahami level Fibonacci retracement. Perhatikan bahwa pola candlestick tidak dapat diandalkan saat digunakan tanpa indikator teknis lainnya dan dapat memberikan banyak sinyal palsu. Cobalah untuk menggunakannya dengan Fibonacci retracement, RSI oscillator, atau analisis volume.

4.png

Batasan penggunaan level Fibonacci retracement

Meskipun level Fibonacci retracement adalah alat yang populer untuk mengidentifikasi potensi level support dan resistance, tidak ada jaminan bahwa harga akan memantul dari level ini. Tren juga dapat mungkin terus bergerak ke arah yang berlawanan dengan tren saat ini dan tidak pernah berhenti di salah satu level Fibonacci, menandakan pembalikan pergerakan harga.

Masalah lainnya adalah tidak mungkin untuk memprediksi pada level berapa tepatnya harga akan berbalik arah. Jadi, menggunakan Fibonacci retracement saja tanpa alat lain atau sinyal konfirmasi (seperti harga yang memantul) tidak akan memberikan perkiraan yang konkret apakah dan kapan harga akan melanjutkan tren.

Osilator RSI bekerja sangat baik ketika dikombinasikan dengan Fibonacci retracement. Bersama-sama mereka memberikan sinyal yang lebih andal untuk masuk dan keluar dari trade.

Kesimpulan

Fibonacci retracement mungkin merupakan salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan dalam trading karena dapat menunjukkan di mana seorang trader harus membeli atau menjual. Mereka menunjukkan waktu terbaik untuk masuk atau keluar dari trade dan di mana harus menempatkan perintah stop-loss. Hal terbaik tentang Fibonacci retracement adalah mereka memungkinkan trader untuk melihat ke masa depan dan memperkirakan kemungkinan level support dan resistance sebelum harga mencapainya. Meskipun sangat populer di kalangan trader, Fibonacci retracement masih bukan alat yang sempurna, jadi menggabungkannya dengan alat dan metode lain sangat penting untuk mendapatkan prediksi terbaik.

Pertanyaan yang sering diajukan

  • Bagaimana cara menggambar Fibonacci retracement?

    Untuk menggambar Fibonacci retracement, Anda perlu mengidentifikasi swing high dan swing low. Kemudian, tarik garis dari titik terendah ke titik tertinggi (untuk tren naik) atau dari titik tertinggi ke titik terendah (untuk tren turun). Level Fibonacci retracement akan secara otomatis muncul di grafik Anda.

  • Bagaimana cara kerja Fibonacci retracement?

    Fibonacci retracement membantu mengidentifikasi potensi level support dan resistance. Ketika harga mencapai salah satu level resistance, harga mungkin dapat terpental dan melanjutkan tren saat itu. 

  • Bagaimana cara trading dengan Fibonacci retracement?

    Fibonacci retracement berguna dalam banyak strategi trading. Mereka memungkinkan Anda untuk memprediksi pergerakan harga dan merencanakan titik entri dan keluar Anda sesuai dengannya.

  • Bagaimana cara menggunakan Fibonacci retracement?

    Anda dapat menggunakan Fibonacci retracement untuk menemukan level harga di mana support dan resistance kemungkinan akan terjadi. Ini dapat membantu Anda menemukan waktu yang paling tepat untuk memasuki trade, mengatur titik masuk secara otomatis atau menempatkan stop-loss.

Berita terbaru

Aset-Aset Akan Terdampak Minggu Ini

Eropa bergerak menuju resesi, dan pekan ini mungkin memberi kita beberapa peluang trading yang menarik. Berikut adalah daftar peluangnya!

Akankah Inggris dan AS Mampu Mengatasi Inflasi?

Setiap minggu kita mengharapkan banyak peristiwa menarik yang mengguncang pasar.

Australia, Kanada, dan Uni Eropa Mencoba Mengikuti Kebijakan Moneter The Fed

Komentar Ketua Fed, Jerome Powell, saat Simposium Jackson Hole memberikan US500 candlestick mingguan terburuk sejak Juni.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Rasakan Semangat Tim

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

"Follow" kami di Facebook

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera