XAUUSD Di Bawah Tekanan NFP Dan Ekspektasi Inflasi AS

XAUUSD Di Bawah Tekanan NFP Dan Ekspektasi Inflasi AS

Diperbarui • 2022-07-11

Harga emas tertahan di bawah level 1,750,00 di tengah menguatnya dolar AS yang diyakini atas melonjaknya tekanan harga. Perpaduan antara data non-farm payroll (NFP AS) yang dirilis di akhir pekan kemarin, yang lebih rendah dari data bulan sebelumnya dan tingkat inflasi yang lebih tinggi akan sangat mempengaruhi permintaan emas bahkan penurunan yang sangat serius. Sehingga emas ke depannya diperkirakan akan mengalami konsolidasi.

XAU/USD, sejak pembukaan sesi Asia, hanya bergerak dalam kisaran sempit di area 1,742.93 / 1.744,62 dan masih berpotensi kuat tertahan di bawah level resistance 1.750,00. Para pelaku pasar pun masih memperkirakan tekanan harga atau inflasi masih terus meningkat. Sehingga XAU/USD sangat besar kemungkinan akan terbentur oleh penguatan greenback karena data Biro Statistik Tenaga Kerja AS yang akan menopang greenback.

Sesuai konsensus pasar, Indeks Harga Konsumen (CPI) AS diperkirakan akan mengalami kenaikan menjadi 8,7% dari perkiraan sebelumnya 8,6%. Jika data inflasi AS tersebut sesuai dengan perkiraan konsensus, maka hampir dipastikan Federal Reserve (Fed) terpaksa kembali mengambil kebijakan suku bunga yang agresif, dengan kenaikan 75 basis poin (bps) berturut-turut.

Perlu dicatat, tingkat inflasi jika dikaitkan dengan Rata-rata Pendapatan Per Jam yang lebih rendah tidak memberikan gambaran yang cerah untuk greenback. Peningkatan tekanan harga sangat diperlukan untuk disetarakan dengan pendapatan yang lebih tinggi dan stagnasi dalam tingkat upah akan mengganggu pengeluaran rumah tangga. Sehingga, ini mungkin memiliki dampak yang signifikan pada permintaan karena ketika tingkat gaji yang lebih rendah akan membuat tingkat konsumsi dan tabungan rumah tangga yang lebih rendah.

Tren XAU/SUD:

Konsolidasi yang diikuti dengan bearish berpeluang memicu aksi jual, atas penguatan indeks dolar di sesi Asia dan mengalami tekanan dari data NFP dan inflasi AS

Indikator RSI juga masih berada di bawah 50% sehingga tekanan bearish masih ada

Waspadai jika emas rebound ke atas 1852, level tertinggi dalam 2 minggu, bisa membawa emas uji resistance 1758/1760 

Trading Plan:

Sell: XAU /USD jika jatuh ke bawah level 1,738.00 dengan target profit 1,732.00 / 1,725.00

Buy: jika XAU/USD rebound di atas 1,752.00 dengan target profit 1,758.00  / 1,760.00

XAUUSDH2.png

Menyerupai

XAUUSD Mempertahankan Momentum Rebound  Pasca Terseret Data CPI Kemarin
XAUUSD Mempertahankan Momentum Rebound  Pasca Terseret Data CPI Kemarin

XAUUSD sejauh ini berhasil mempertahankan kenaikan dari level terendah satu bulan yang disentuh pada perdagangan hari Kamis, di tengah kembali melemahnya imbal hasil obligasi dan dolar AS pada Jumat (12/01/2024). Angka CPI tahunan AS mencatat kenaikan menjadi 3,4% di Desember dari data yang dirilis sebelumnya di angka 3,1%

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera