Apa yang dapat menekan harga minyak di bawah $90 per barel?

Apa yang dapat menekan harga minyak di bawah $90 per barel?

Diperbarui • 2022-08-12

Dua tahun terakhir mencatat perubahan terbesar minyak dalam 14 tahun terakhir. Volatilitas ini telah membingungkan pasar, investor, dan trader. Alasan utama volatilitas tersebut adalah ketegangan geopolitik dan pergeseran tren menuju energi terbarukan. Selama dua tahun terakhir, minyak ditradingkan dari $19 per barel—atau pada level minus jika Anda melihat WTI berjangka—kemudian naik menjadi $139.

oil.png

Kami belum pernah melihat perubahan besar dalam harga minyak sejak krisis keuangan 2008 dulu ketika minyak jatuh dari $150 menjadi $40. Anjloknya minyak itu disebabkan oleh kekhawatiran resesi global, yang menyebabkan penurunan permintaan minyak seperti dalam situasi saat ini.

Alasan mengapa harga minyak kini bergejolak

  1. Pandemi COVID-19, lockdown, dan konsekuensinya yang kita alami sekarang.
  2. Pergeseran tren ke arah energi terbarukan dan mengurangi emisi merugikan.
  3. Kurangnya investasi dalam proyek-proyek minyak baru karena biaya tinggi dan permintaan yang rendah.
  4. Kebijakan OPEC+, pemotongan pasokan besar-besaran, dan upaya untuk memompa kembali pasokan ke pasar.
  5. Terutama, tindakan Rusia yang tidak dapat diprediksi dan nasib minyak Rusia.

Hasilnya adalah kenaikan tajam inflasi di tengah permintaan yang lesu, pertumbuhan ekonomi yang melambat, dan kekhawatiran resesi yang semakin meningkat.

Dua kasus di mana minyak turun di bawah $90

Harga minyak dapat turun menjadi $90 per barel jika dua negara konsumen minyak terbesar di dunia terus berjuang dengan inflasi tinggi dan pertumbuhan yang rendah.

  1. Jika Amerika Serikat terus menghadapi inflasi tinggi, yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan permintaan minyak, harga bahan bakar dan jasa yang lebih tinggi bagi konsumen, dan kekhawatiran ekonomi AS akan memasuki resesi.
  2. Jika Tiongkok tidak dapat menemukan solusi untuk masalah ekonominya dan lockdown berulang kali yang mengancam produksi dan pertumbuhannya, yang pada akhirnya memengaruhi ekonomi global.

Minyak mungkin turun di bawah $90 dan bertahan di sana untuk sementara waktu. Masalah ekonomi di dua ekonomi terbesar di dunia akan memengaruhi permintaan minyak. Dampaknya tentu saja akan terlihat pada harga minyak Brent dan WTI AS.

Kasus yang dapat mendorong harga minyak

Pada saat yang sama, permintaan minyak mungkin mendapat sedikit dorongan dari harga gas alam yang tinggi, terutama di Eropa. Hal itu akan mendorong konsumen dan produsen untuk beralih ke pembangkit listrik berbahan bakar minyak guna bertahan di musim dingin yang brutal. Selain itu, pasokan minyak tidak berkembang dan bahkan mungkin menghadapi masalah pada masa mendatang karena permintaan minyak meningkat saat musim dingin.

Kekhawatiran pasokan diperkirakan akan meningkat saat musim dingin mendekat, karena sanksi Uni Eropa yang melarang impor laut minyak mentah dan produk minyak Rusia akan mulai berlaku pada 5 Desember. Peningkatan produksi OPEC+ sebesar 100.000 barel per hari pada bulan September tidak akan cukup untuk memenuhi peningkatan permintaan.

Secara teknis, jika minyak turun di bawah $90 dan menetap di bawah level tersebut, Brent (XBRUSD) dapat turun ke $80.

MASUK

Menyerupai

XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh
XTIUSD Pertahankan Momentum Kenaikan Untuk Hari Ke Tujuh

Harga minyak mentah acuan AS West Texas Intermediate (WTI) masih dalam jalur melanjutkan kenaikan untuk hari ke tujuh secara beruntun, pada Rabu (14/02/2024). Menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC, ada kekhawatiran mengenai kepatuhan kelompok ini terhadap pemangkasan produksi

Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi
Ketegangan Geopolitik Meningkat, Minyak di Kisaran Tinggi

Pasar saham Asia melemah pada perdagangan Selasa (30/01/2024), terseret oleh kasus likuidasi perusahaan raksasa properti China..Kegelisahan investor terhadap meningkatnya ketegangan di Timur Tengah telah mengendalikan sentimen risiko.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera