Covid-19 akan berakhir di tahun 2022, bukan?

Covid-19 akan berakhir di tahun 2022, bukan?

Diperbarui • 2022-12-15

Dua tahun telah berlalu sejak kasus pertama coronavirus. Lebih dari 275 juta orang terinfeksi, dan lima juta di antaranya tidak berhasil selamat. Varian baru terus bermunculan, dan vaksin tidak selalu seefektif yang kita inginkan. Selain itu, perusahaan mencoba melemahkan virus dengan menerapkan obat lain, seperti pil. Dalam artikel ini, kami membahas cara utama memerangi Covid-19, mengulas langkah vaksinasi di seluruh dunia, dan membuat perkiraan tentang peluang pemulihan penuh dari wabah ini.

Penyebaran virus corona melambat

Mari berterus terang. Sebagian besar negara di dunia tidak menanggapi Covid dengan cukup serius. Banyak negara mengatakan itu hanyalah virus mirip flu yang akan hilang dengan cepat. Nah, ternyata mereka salah. Konsekuensi dari sikap tak bertanggung jawab ini adalah beberapa gelombang virus, kerugian ekonomi yang luar biasa, dan gangguan rantai pasokan di seluruh dunia.

Contohnya adalah Amerika Serikat, yang bereaksi terlalu lambat. Selain itu, AS bertindak berbeda di seluruh negara bagiannya, yang menambah jumlah kasus dan kerusakan sosial serta ekonomi secara keseluruhan. AS menderita korban jiwa sebanyak 800 ribu orang dan terus bertambah sekarang. Karena pencetakan uang yang sangat besar, inflasi AS mencapai hampir 7% dan masih meningkat. Saat ini, AS sudah memvaksinasi lebih dari 61% populasinya. Kekebalan massa membutuhkan lebih dari 80% populasi kebal terhadap virus. Namun, kemenangan sudah dekat. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang ekonomi. Utang nasional meningkat begitu cepat sehingga AS perlu menaikkan ambang batas utang setiap beberapa bulan untuk mencegah negara runtuh.

Meskipun demikian, coronavirus telah melambat di AS dan secara global. Lihatlah angka-angkanya.

{8B394834-DD96-4464-B782-D9D5A3CE07FE}.png

Gelombang coronavirus keempat hampir sekuat yang ketiga, disebabkan oleh varian Omicron yang jauh lebih menular tetapi tidak terlalu mematikan. Hal ini dikonfirmasi oleh statistik kasus kematian.

 {D33DCB5C-6F54-4140-B6ED-74CCE5A2BDD9}.png

Tidak seperti kasus penularan harian, grafik kematian harian tidak memiliki gelombang keempat, dan jumlahnya terus menurun, lambat dan stabil. Jika tren ini tidak berubah, akhir dari Covid-19 sudah dekat.

Moderna, Pfizer, dan lainnya mencari pil ajaib

Saat ini, beberapa perusahaan berjuang melawan virus, dan Anda mengetahui mereka semua. Mari kita analisis apa yang diperlukan untuk mengalahkan Covid.

Moderna memiliki satu vaksin (mRNA-1273) dengan dua kasus penggunaan yang berbeda. Pertama, Anda perlu menerima dua suntikan, dengan jeda setidaknya 28 hari. Beberapa orang (dengan masalah kesehatan tertentu) harus mendapatkan suntikan tambahan (dosis ketiga) setidaknya 28 hari setelah suntikan kedua. Selain itu, setiap orang berusia 18 tahun ke atas yang menerima suntikan Moderna harus mendapatkan suntikan booster setidaknya enam bulan setelah menyelesaikan dua suntikan utama.

Vaksin mRNA-1273 ampuh hingga 95% terhadap sebagian besar varian Covid-19, tetapi seiring penyebaran Omicron, kita akan berfokus pada varian ini karena dianggap paling menular. Penelitian perusahaan menunjukkan bahwa dosis ketiga vaksin Covid-19 Moderna meningkatkan kadar antibodi terhadap varian omicron (peningkatan 32 kali lipat dibandingkan dengan vaksinasi dua suntikan). Selain itu, Moderna sedang menguji versi vaksin baru untuk menangani varian Omicron secara lebih efisien (mRNA-1273.529). Perusahaan berharap untuk memulai uji klinis pada awal tahun 2022.

imgonline-com-ua-Resize-87nHAjuDGa.jpg

Ulasan mengenai saingan terbesar Moderna, Pfizer dan BioNTech. Mereka menawarkan dua suntikan, dengan jeda setidaknya 21 hari. Selain itu, setiap orang yang berusia 16 tahun ke atas bisa mendapatkan suntikan booster setidaknya enam bulan setelah menyelesaikan suntikan utama Pfizer-BioNTech. Anehnya, orang dewasa bisa mendapatkan vaksin Covid-19 apa pun yang disahkan di AS untuk suntikan booster mereka, bukan hanya Prizer. Studi laboratorium menunjukkan peningkatan 25 kali lipat dibandingkan dengan dua dosis terhadap varian Omicron. Moderna menunjukkan hasil yang lebih baik, meskipun perlindungan vaksin apa pun akan lebih baik daripada tidak sama sekali.  

Namun, Pfizer memiliki produk andalan, pil antivirus. Pfizer mengatakan pil antivirus Covid-19 menunjukkan keampuhan hingga 90% dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien berisiko tinggi, dan data laboratorium baru-baru ini menunjukkan pil tersebut mempertahankan efektivitasnya terhadap varian Omicron yang menyebar.

imgonline-com-ua-Resize-3ttahbINj0hQ.jpg

Merck, perusahaan besar lainnya, juga memiliki pil yang sedang dikembangkan. Namun, pil Merck mengurangi risiko penyakit parah, rawat inap, dan kematian hingga 30%. Hasilnya tentu saja jauh dari sempurna. Sayangnya, peluncuran pil mungkin dilakukan setelah Natal, yang lebih lambat dari yang diharapkan Merck. Namun, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali!

Jika disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA), perawatan rumah ini dapat diberikan oleh dokter dan diambil di apotek setempat untuk mengurangi risiko sakit parah. Tentu saja, pil semacam itu (dan vaksin versi baru) sangat menggiurkan untuk harga saham perusahaan. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan dunia untuk mengembangkan kekebalan massa? Kemudian, yang lebih penting, apakah Covid akan berakhir pada tahun 2022?

Tanggal berakhirnya Covid

Mari kita berterus terang dan melihat laju vaksinasi di seluruh dunia. Pertama, kita perlu mendapatkan setidaknya 80% dari populasi global untuk memiliki antibodi terhadap Covid. Selain itu, vaksinasi menjadi lebih menantang dengan strain baru yang muncul setiap enam bulan, tetapi kita sudah tahu apa yang harus dilakukan dengannya.

imgonline-com-ua-Resize-3l4pUH6lO499t.jpg

Sebanyak 57% populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. 8,78 miliar dosis telah diberikan secara global, dan 36,07 juta sekarang diberikan setiap hari. Dalam beberapa minggu, 57% populasi tersebut akan menerima dosis kedua dan menjadi lebih kebal terhadap Covid. Saat ini, 3,63 miliar orang telah divaksinasi secara penuh, yang merupakan hampir 47% dari populasi global.

imgonline-com-ua-Resize-AnKDUFRBjb47lu.jpg

Tingkat vaksinasi terburuk adalah di Afrika. Untuk benua lain, kekebalan massa sudah cukup dekat. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan (dengan hati-hati) bahwa hari-hari terburuk era Covid telah berlalu. Virus ini mungkin akan menjadi seperti flu musiman, yang masih merupakan infeksi berbahaya tetapi lebih dapat dikendalikan dan tidak terlalu mematikan. Namun, jangan lupa bahwa bahkan flu memberikan kita kejutan dari waktu ke waktu. Misalnya, "flu babi" pada tahun 2009 memiliki 491 juta kasus yang dikonfirmasi dan lebih dari 284.000 kematian.

Ide investasi untuk tahun 2022

Untuk mendapatkan ide trading, pertimbangkan apa yang telah kami katakan di atas: kegunaan vaksin akan segera berkurang jika perusahaan membuat pil untuk melawan Covid. Untuk Moderna, ini sangat penting, karena perusahaan memiliki sedikit produk di pasar, dan pendapatannya bergantung pada mRNA-1273. Pendapatan yang lebih sedikit berarti harga saham akan kembali normal atau merosot lebih rendah. Jadi dalam jangka panjang, harga saham Moderna kemungkinan besar akan jatuh.

Grafik harian Moderna

Resistance: 380.0; 455.0; 515.0

Support: 265.0; 230.0; 190.0

MRNADaily.png

Untuk Pfizer, dampaknya jauh lebih positif. Perusahaan memiliki pil yang sangat efisien yang akan dipasarkan pada awal tahun 2022. Selain itu, keuntungan dari produk lain akan membantu mempertahankan pendapatan yang tinggi. Dari sisi teknis, saham Pfizer menembus konsolidasi besar selama sembilan tahun.

PFIZERWeekly.png

Setelah pullback karena perbedaan pada RSI mingguan dan harian, kami memperkirakan saham Pfizer akan mencapai $66, dengan prospek mencapai $75 pada akhir tahun 2022. Namun, kami tidak dapat memprediksi berita 100%, jadi berhati-hatilah dan perhatikan reaksi harga terhadap level $46,5 dan $42.

Grafik harian Pfizer

Resistance: 66.0; 75.0

Support: 55.0; 52.0; 46.5; 42.0; 38.0

 PFIZERDaily.png

MASUK

Menyerupai

Indeks Nasdaq Akan Terangkat Saham NVIDIA
Indeks Nasdaq Akan Terangkat Saham NVIDIA

Pasar saham Asia bergerak bervariasi pada perdagangan Kamis (22/02/2024), mengikuti sinyal positif dari Nvidia, saham favorit AI, Risalah pertemuan Federal Reserve (FOMC minutes) pada bulan Januari menunjukkan sebagian besar pembuat kebijakan khawatir terhadap risiko

Berita terbaru

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera